Cerita Anak Islami Tentang Kejujuran, Intip 12 Manfaatnya Buat Si Kecil

Membacakan cerita anak islami tentang kejujuran, masih banyak orang tua yang tak mengetahui ada manfaat didalamnya. Padahal membiasakan anak mendengarkan cerita dengan kandungan baik seperti tentang kejujuran penting dilakukan. Menanamkan banyak nilai kebaikan dari sudut pandang agama Islam penting sejak masih kecil.

Aktivitas membaca cerita bersama akan bisa menjadi salah satu cara untuk Anda para orang tua mengajarkan mengenai nilai kehidupan. Anda bisa lebih mudah mengajarkan dan menanamkan nilai kehidupan melalui sebuah cerita. Melalui sebuah cerita, anak jadi lebih mudah memahami makna ataupun pelajaran yang ada didalamnya.

Anda bisa menanamkan kegemaran membaca sejak anak kecil dan memberikan contoh dari nilai-nilai yang ada. Seperti banyak cerita islami yang mengajarkan nilai-nilai penting seperti kejujuran pada anak. Melalui sebuah cerita, Anda bukan hanya mengajak anak menyukai membaca juga memberikan dasar yang kuat. Apalagi ada banyak manfaat dari kegiatan membaca buku cerita anak termasuk buku islami tentang kejujuran.

Manfaat Lebih dari Cerita Anak Islami Tentang Kejujuran

Manfaat Lebih dari Cerita Anak Islami Tentang Kejujuran

Tak banyak yang menyadari bila ada banyak manfaat dari Anda membacakan cerita anak islami tentang kejujuran pada sang buah hati. Bukan hanya membiasakan anak membaca buku cerita sejak dini, akan tetapi ada manfaat lainnya terutama tentang nilai kehidupan. Seperti buku-buku cerita islami yang mengajarkan kejujuran pada anak. Berikut ini manfaat dari membaca buku juga kejujuran pada anak.

Manfaat Membaca Buku Cerita Anak

1. Kemampuan Membaca Anak

Membacakan cerita pada anak saat santai dan kondisi tenang, bisa merangsang kemampuan bahasa si buah hati. Ketika Anda membacakan cerita, anak akan memperhatikan dan mengamatinya. Anak akan mempelajari banyak kosakata baru dari cerita yang Anda bacakan serta nilai-nilai didalamnya.

Anak akan belajar dan memiliki banyak kosakata yang belum diketahui sebelumnya, sehingga keterampilannya akan bertambah. Ia akan bisa menggunakan kosakata tersebut untuk mengekspresikan banyak hal dalam dirinya. Nantinya hal tersebut akan banyak membantu saat anak mulai memasuki usia sekolah.

Perlu Anda ketahui kemampuan mencerna dan fokus saat mendengarkan cerita pada anak laki-laki dengan perempuan akan berbeda. Anak perempuan memiliki kemampuan memahami dan fokus lebih cepat dibandingkan anak laki-laki. Oleh karena itu, Anda perlu memaklumi bila anak lelaki yang cepat paham atau kurang fokus saat dibacakan cerita.

Saat anak memasuki usia sekolah akan diperlukan kemampuan atau keterampilan membaca untuk semua mata pelajaran. Dengan Anda membiasakan membacakan cerita atau melakukannya bersama anak, akan membantunya lebih mahir. Anak yang terbiasa membaca buku sejak kecil akan memiliki keterampilan bahasa yang lebih dari yang lainnya.

2. Mengisi Waktu Luang

Membaca berbagai buku cerita islami bisa Anda lakukan saat santai atau waktu luang, seperti hari minggu. Bukan hanya mengisi waktu luang saja, juga bisa menyegarkan suasana saat bersama buah hati. Waktu luang atau santai yang dimiliki bisa lebih menyenangkan dan tak membosankan banyak si kecil.

Kegiatan membaca buku cerita bersama anak akan mampu mengalihkan perhatiannya dari gawai yang terlihat lebih menggiurkan. Penggunaan gawai pada anak tentu saja tidak disarankan karena tidak mendukung tumbuh kembang anak. Bukan itu saja, gawai juga bisa membuat anak ketagihan dan tak mau bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus bisa mengajak anak untuk kegiatan yang lebih menyenangkan yaitu membaca buku cerita anak islami tentang kejujuran,. Anda bisa mengajarkan dan mengarahkan agar anak nantinya mampu dan terbiasa membaca saat waktu luang.

3. Melatih Keterampilan Sosial dan Emosional

Pada cerita anak islami tentang kejujuran, karakter yang ada akan memperlihatkan berbagai emosi. Karakter-karakter yang ada juga akan menghadapi situasi yang beragam, yang mungkin si kecil belum pernah mengetahuinya. Akan diperlihatkan berbagai emosi seperti senang, sedih, kecewa, marah, dan masih banyak lagi.

Emosi-emosi tersebut akan dan harus dikenali oleh si kecil agar nantinya mampu dipahami dan dikelola dengan baik. Anak akan lebih memahami apa yang tengah terjadi dengannya setelah mengetahui dari buku cerita tersebut. Anak juga akan tahu bagaimana bersikap saat tengah berada di sebuah lingkungan baru, misalnya sekolah.

4. Anak Lebih Adaptif dan Kreatif

Pada anak-anak terutama usia keemasan atau golden age, otak sedang dalam masa pertumbuhan. Anak-anak pada usia tersebut atau prasekolah akan terlihat perbedaan antara yang sering mendengarkan cerita dengan yang tidak. Pada otak di bagian yang terkait akan terlihat aktifitas yang lebih tinggi dalam pemahaman serta daya imajinasi.

Anak pada usia prasekolah masih dalam dunia bermain yang dipenuhi dengan berbagai imajinasi dan juga kreativitas. Namun, kreativitas serta imajinasi setiap anak akan berbeda-beda. Dengan Anda rutin membacakan cerita pada anak, maka akan dapat merangsang imajinasi serta kreativitasnya.

Anda bisa membacakan berbagai cerita yang beragam, mulai dari petualangan, nilai kehidupan, pengetahuan, dan masih banyak lagi. Gunakan intonasi serta gerakan tangan yang beragam agar anak bisa lebih mudah membayangkan cerita tersebut dalam pikirannya.

5. Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis

Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis


Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari membaca cerita anak islami tentang kejujuran adalah membantu mengembangkan cara berpikir yang kritis. Anak-anak akan diajak untuk berpikir dan belajar menganalisis situasi yang terjadi pada cerita tersebut. Anak akan belajar memprediksi apa yang akan terjadi kemudian serta menarik kesimpulan dari cerita yang Anda bacakan tersebut.

Dengan begitu akan membantu anak dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis. Bila kegiatan membaca buku cerita ini menjadi kebiasaan, anak akan lebih responsif terhadap kejadian yang ada di sekitarnya. Anak akan lebih mudah mengamati dan memahami sebab-akibat dari suatu peristiwa.

6. Meningkatkan Minat Membaca pada Anak

Kegiatan membaca cerita pada anak sejak usia dini, tanpa disadari secara tidak langsung telah menumbuhkan minat baca pada buah hati. Anak akan dibuat penasaran dan tertarik untuk kembali mendengar cerita yang menarik lainnya. Tanpa disadari, anak akan memiliki rasa ketertarikan pada membaca buku hingga mereka tumbuh besar. Sebuah cara mudah untuk bisa menumbuhkan kebiasaan dan minat membaca pada anak.

7. Menjelaskan Nilai Kehidupan dengan Contoh yang Mudah

Pada buku cerita anak islami tentang kejujuran, Anda akan menemukan banyak nilai kehidupan yang bisa diajarkan pada sang buah hati. Dengan mudah Anda memperlihatkan nilai-nilai kehidupan melalui contoh yang lebih mudah dimengerti. Anak akan lebih mudah memahami konsep moral, seperti tolong menolong, kejujuran, kesetiaan, dan masih banyak lagi.

Ada pula sikap yang bisa dipelajari dan diikuti oleh anak seperti karakter pemberani, jujur dan baik hati. Anda lebih mudah menjelaskan semua nilai kehidupan yang baik melalui karakter yang disukainya.

8. Interaksi Orang Tua dan Anak

Interaksi Orang Tua dan Anak

Saat Anda membacakan cerita pada buah hati akan terjadi bonding atau interaksi yang lebih erat. Anda bisa membacakan buku cerita sambil memeluk, bersikap lembut, dan juga bermain-main dengan buah hati. Hal tersebut akan memperkuat dan mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

9. Manfaat Kejujuran

Selain manfaat yang bisa didapat dari kegiatan membaca buku cerita pada anak, Anda bisa juga mengetahui lainnya. Sebuah sikap jujur atau kejujuran juga memiliki manfaat lebih selain menjadi sebuah moral ataupun nilai kehidupan yang baik. Seperti yang digambarkan dalam cerita anak islami tentang kejujuran, bagaimana sikap tersebut membuat banyak perbedaan.

10. Pergaulan yang Lebih Luas

Saat seseorang memiliki sifat jujur dalam berbagai hal, akan mendatangkan banyak teman. Memiliki teman yang jujur akan sangat menyenangkan dan tidak membuat khawatir, sehingga pergaulan pun semakin luas.

11. Hidup Lebih Tenang dan Damai

Memiliki sifat jujur, apalagi ditanamkan sejak masih usia dini akan membuat hidup lebih tenang dan damai. Tak perlu takut dengan sikap orang lain, karena orang akan lebih percaya, peduli, serta menghargai kejujuran. Hal ini juga digambarkan pada cerita anak islami tentang kejujuran sehingga buah hati lebih mudah memahami dan mengikuti nilai tersebut.

12. Banyak Kemudahan

Memiliki sifat jujur bukan hanya memiliki pergaulan yang luas dan dipercaya banyak orang, juga berbagai kemudahan. Anda bisa menggambarkan atau menjelaskan berbagai kemudahan yang bisa didapat dari seorang yang memiliki kejujuran. Ada banyak cerita anak yang memperlihatkan bagaimana seseorang yang jujur mendapat kemudahan dalam kehidupan sehari-hari.

Kini, Anda bisa lebih yakin dan mudah melakukan membaca cerita anak islami tentang kejujuran. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan membaca untuk pertumbuhan sang buah hati. Yuk, lanjut baca artikel untuk tahu manfaat buku cerita anak bergambar di Jangan Terlewat Manfaat Buku Cerita Anak Bergambar PDF Free Download! (*)

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url