Take Action! Nggak Butuh Waktu Lama Jadi Penulis Sukses

Konsisten dalam menulis adalah kunci utama untuk mengembangkan keterampilan menulis dan mencapai tujuan penulisan Anda. Pada awalnya kalimat ini bisa jadi terdengar begitu mudah, tetapi ternyata diperlukan beberapa hal untuk mendukung pencapaian kesuksesan tersebut. 

Bagi pemula, menjaga konsistensi dalam menulis mungkin terasa sulit, tetapi dengan beberapa strategi dan disiplin yang tepat, Anda dapat membangun kebiasaan menulis yang kokoh.

Konsisten Menulis, Nggak Lama Tetiba Sukses Aja

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjadi konsisten dalam menulis bagi pemula.

Tetapkan Jadwal Menulis yang Rutin

Tetapkan jadwal rutin untuk menulis. Pilih waktu yang tepat dalam sehari yang bisa Anda alokasikan secara konsisten untuk menulis. 

Mungkin pagi hari sebelum aktivitas lain dimulai atau malam hari setelah pekerjaan selesai. Jadikan menulis sebagai bagian penting dalam rutinitas harian Anda.

Buat Tujuan Menulis yang Realistis

Tentukan tujuan menulis yang realistis. Mulailah dengan target yang dapat Anda capai, seperti menulis setidaknya 500 kata per hari atau menyelesaikan satu artikel dalam seminggu.

Tujuan yang realistis membantu Anda tetap fokus dan terhindar dari rasa putus asa. Adapun parameter yang menjadikan Anda dapat memutuskan apakah sesutu itu realistis atau tidak adalah dengan melihat pencapaian dalam jangka pendek. Apakah target yang telah tersusun itu dapat dipenuhi atau masih memegang prinsip nanti-nanti atau tar-sok. 

Menciptakan Lingkungan yang Mendukung

Ciptakan lingkungan yang mendukung untuk menulis. Carilah tempat yang tenang dan nyaman di mana Anda bisa fokus sepenuhnya pada tulisan Anda.

Tak salah pula bila Anda ingin mencoba satu tempat baru untuk menulis, misalnya di Menulis Cerita Anak di Kafe, Emang Bisa?

Jauhkan gangguan seperti ponsel atau suara bising yang bisa mengganggu konsentrasi. Lingkungan yang kondusif akan membantu Anda masuk ke dalam lingkungan yang dapat meningkatkan kreativitas dalam saat menulis.

Mulai dengan Menulis Bebas atau Jurnal Pribadi

Jika Anda merasa sulit untuk memulai menulis, cobalah lemaskan jari-jari Anda dengan menulis bebas atau jurnal pribadi.

Tulislah apa pun yang terlintas di pikiran Anda tanpa khawatir tentang struktur atau kualitas tulisan. Hal ini harus dilakukan sebelum penulisan tugas yang sebenarnya agar tercipta keleluasaan penulis. 

Ini membantu Anda melonggarkan pikiran dan mengatasi hambatan mental.

Mencari Inspirasi dari Sumber Lain

Cari inspirasi dari sumber lain untuk menjaga semangat menulis. Baca buku, artikel, atau blog tentang menulis. Ikuti penulis terkenal di media sosial dan pelajari pendekatan mereka dalam menulis.

Dengan mengisi diri Anda dengan inspirasi, Anda akan memiliki sumber daya yang tidak terbatas untuk terus menulis.

Bergabung dengan Komunitas Penulis

Coba cek grup yang saat ini ada dalam ponselmu. Temukan berapa jumlah komunitas yang kamu masuki. Banyak? Nah, sekarang cek kembali ada berapa banyak waktu aktif Anda dalam komunitas tersebut. Jangan sampai tergabung di banyak kelas, tetapi malah menyebabkan kreativitas Anda terhambat. 

Bergabunglah dengan komunitas penulis atau kelompok menulis. Komunitas ini bisa memberikan dukungan, umpan balik, dan motivasi untuk tetap konsisten dalam menulis.

Anda juga dapat berbagi pengalaman, belajar dari penulis lain, dan mendapatkan ide baru untuk menulis.

Mengatur Target dan Reward Diri Sendiri

Jangan heran dengan pernyataan reward. Hal ini bisa disajikan dalam berntuk yang sederhana. Tentukan target menulis dan berikan hadiah atau reward bagi diri sendiri ketika mencapainya. Ini bisa menjadi insentif yang menyenangkan dan memotivasi Anda untuk tetap konsisten.

Misalnya, hadiahkan diri Anda dengan sesuatu yang Anda sukai setelah menulis selama satu minggu secara konsisten.

Lakukan Latihan Menulis

Lakukan latihan menulis secara teratur. Tulislah sesuatu setiap hari, baik itu cerita pendek, puisi, atau deskripsi objek di sekitar Anda. Latihan ini membantu Anda mengasah keterampilan menulis dan menjaga kreativitas tetap terasah.

Membaca Kembali dan Mengedit

Tulisan Setelah menulis, luangkan waktu untuk membaca kembali dan mengedit tulisan Anda. Ini membantu meningkatkan kualitas tulisan dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kekuatan dan kelemahan tulisan Anda. Mengedit juga membantu Anda terus belajar dan berkembang sebagai penulis.

Jangan Takut untuk Memulai

Yang terpenting, jangan takut untuk memulai menulis. Jangan khawatir tentang kesempurnaan atau penilaian orang lain. Setiap langkah kecil yang Anda ambil adalah langkah maju dalam perjalanan menulis Anda. Teruslah menulis, eksplorasi ide-ide baru, dan nikmati prosesnya.

Memulai Langkah Kepenulisan

Memulai langkah sukses di dunia kepenulisan bisa dengan ikutan kelas nulis Indscript, ya, Sob.

Kelasnya ada beraneka ragam, sehingga Anda bisa pilih sesuai kebutuhan

Ada kelas 7 hari nulis buku, kelas nulis quote, kelas nulis ebook, kelas nulis resep masakan, kelas nulis blogger pemula. Materi kelas ini senantiasa diperbaharui. So, buruan ikutan karena nggak bakalan nyesel!

Sstt, bukan hanya kelas karena hasil kelas akan diarahkan sehingga bisa hasilkan cuan lumayan! Ada yang mau nolak atau melewatkan kesempatan berharga ini?

Dengan menerapkan tips ini, Anda dapat menjadi konsisten dalam menulis sebagai pemula. Ingatlah bahwa konsistensi adalah kunci utama dalam mengembangkan kemampuan menulis dan mencapai tujuan penulisan Anda. Selamat menulis! (*)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url