Cara Seru Baca Buku Sampai Selesai, Ini Tipnya!

Membaca buku adalah kegiatan yang mengasyikkan dan dapat membawa kita ke dunia yang berbeda. Namun, terkadang sulit untuk menyelesaikan buku yang telah kita mulai karena mungkin kita belum mengetahui bagaimana cara seru baca buku.

Banyak faktor yang dapat mengganggu konsentrasi dan semangat kita dalam membaca. Hal ini jika terjadi pada satu buku bisa jadi dianggap biasa, tetapi bisa berlanjut pada buku lain sehingga menjadi kebiasaan. Semoga cara seru baca buku berikut bisa membantu mengatasi hal ini.

Nah, agar Sobat tidak semakin penasaran tentang cara seru baca buku, yuk, simak artikel ini hingga selesai, ya!

Cara Seru Baca Buku, Baca Buku Jadi Nggak Membosankan!

1. Pilih Buku yang Menarik

Pilihan buku yang menarik adalah langkah awal yang penting. Pilihlah buku yang sesuai dengan minat Sobat. Ketika Sobat membaca buku yang menarik, semangat dan motivasi untuk melanjutkan membaca akan lebih tinggi.

2. Tentukan Tujuan Membaca

Tentukan tujuan Sobat dalam membaca buku tersebut. Mungkin Sobat ingin mendapatkan pengetahuan baru, menghibur diri, atau menggali lebih dalam tentang topik tertentu. 

Dengan memiliki tujuan membaca yang jelas, Sobat akan lebih termotivasi untuk lebih bersemangat membalik lembar demi lembar halaman buku. 

3. Buat Jadwal Membaca yang Teratur

Tentukan waktu khusus dalam sehari untuk membaca. Buat jadwal yang teratur dan patuhi komitmen Sobat terhadap waktu membaca tersebut. 

Dengan konsistensi membaca, Sobat akan terbiasa dan menikmati kegiatan ini secara lebih serius.

4. Temukan Tempat yang Nyaman

Cari tempat yang nyaman dan tenang untuk membaca. Pilih tempat yang minim gangguan dan memungkinkan Sobat untuk fokus sepenuhnya pada buku yang sedang Sobat baca. Bisa jadi itu adalah sudut favorit di rumah, perpustakaan, atau kafe yang tenang. Oh, ya, di tempat-tempat berkesan seperti ini bisa jadi Sobat mendapatkan ide menulis cerita yang seru, lo!

5. Buat Catatan

Selama membaca, buat catatan  tentang hal-hal penting atau kutipan yang menarik. Ini akan membantu Sobat terlibat lebih dalam dengan isi buku dan mengingat informasi penting. Selain itu, catatan bisa menjadi referensi yang berguna di masa depan. Saya pernah menanyai salah seorang blogger bagaimana ia bisa menulis yang elok, ternyata jawabannya berasal dari buku yang ia baca sebelumnya. 

6. Diskusikan dengan Orang Lain

Bergabunglah dalam kelompok diskusi buku atau berbagi pendapat dengan teman tentang buku yang Sobat baca. Diskusi dengan orang lain dapat meningkatkan minat dan pemahaman Sobat terhadap buku tersebut. Selain itu, dapat membantu Sobat tetap termotivasi untuk membaca hingga selesai.

7. Tetapkan Tantangan Membaca

Tantang diri Sobat dengan menetapkan target jumlah halaman atau bab yang ingin Sobat baca dalam periode waktu tertentu. Ini akan memberikan dorongan dan rasa prestasi saat Sobat mencapai target-target tersebut. 

Saya pernah mengikuti satu tantangan membaca di sebuah komunitas. Benar saja, saya sangat termotivasi untuk menyelesaikan bacaan. Awalnya agak terpaksa karena mau kejar setoran dan agar tidak tertendang dari grup. Namun lama-kelamaan benar-benar jadi satu kebiasaan. 

Jangan lupa memberikan reward kepada diri sendiri setelah menyelesaikan tantangan tersebut. Misalnya, dengan switch menulis genre lainnya seperti menulis cerita anak. 

8. Hindari Gangguan Digital

Hindari gangguan digital seperti ponsel atau media sosial yang dapat mengalihkan perhatian Sobat. Matikan pemberitahuan atau taruh ponsel di tempat yang jauh dari jangkauan Sobat saat membaca. Fokuskan diri pada buku dan nikmati momen membaca yang tenang.

Jika khawatir ada panggilan atau pesan penting, boleh juga buat ponsel dalam mode getar. Cara ini cukup efektif bagi saya saat menikmati bacaan atau menyelesaikan tulisan. 

9. Bersikap Terbuka dan Sabar

Setiap buku memiliki ritme dan kecepatan yang berbeda. Ada yang cepat, ada yang lambat. Bersikap terbuka dan sabar saat membaca buku yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk dinikmati.  Jangan terburu-buru dan beri waktu bagi diri Sobat untuk menyerap isi buku secara mendalam.

10. Nikmati Proses Membaca

Nikmati proses membaca itu sendiri. Jangan terlalu fokus pada tujuan akhir untuk menyelesaikan buku. Menikmati perjalanan membaca akan membuat Anda lebih terlibat dan terus ingin melanjutkan. Setiap halaman yang Sobat baca adalah kesempatan untuk menemukan sesuatu yang baru.

Baca Buku Ala Teh Indari Mastuti

Selain tip di atas, Teh Indari juga punya rahasia seru baca buku, lo. Dijamin baca buku tebal nggak terasa tahu-tahu sudah selesai aja!

Oh, ya, bagi yang belum mengetahui, Teh Indari Mastuti adalah salah seorang penulis, pengusaha, dan mentor yang telah memiliki banyak karya.

Pilih furniture bikin nyaman

Bagi Anda yang hobi baca, tetapi punya rumah kecil, taruh buku bisa di atas dinding saja, ya. Cukup pakai furniture sederhana.

Baca buku dalam posisi duduk

Posisi duduk sangat dianjurkan saat membaca. 

Pilih pencahayaan yang pas

Pencahayaan yang pas tak akan membuat mata lelah. 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Sobat dapat mengalami pengalaman membaca buku yang lebih seru dan menyenangkan. Ingatlah bahwa membaca adalah sebuah perjalanan yang harus dinikmati. 

Sobat juga bisa menemukan artikel menarik lainnya tentang buku di blog ini. Salah satunya adalah Cara Merawat Buku yang Wajib Penulis Tahu!

Selamat membaca! (*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url