5 Cara Menjadi Penulis Sukses

Banyak orang yang menunjukkan kemampuan menulis entah lewat mengirimkan naskah ke penerbit atau mengikuti sayembara. Menjadi menulis sukses adalah impian banyak orang. Ketika kata-kata yang kita tulis mampu menginspirasi dan mempengaruhi banyak orang, itu adalah kepuasan yang tak ternilai. Namun, menjadi penulis yang sukses meraih hati pembaca bukanlah hal yang mudah. 

Menjadi penulis sukses membutuhkan dedikasi, ketekunan, dan beberapa resep khusus. Perlahan tetapi pasti kesuksesan itu akan datang bagi yang tekun. Tidak mudah patah arang oleh aral. Tidak mudah pupus harapan ketika menghadapi alangan apapun. 

Menjadi Penulis Sukses Bukan Sekadar Impian

Berikut resep yang dapat membantu Anda menjadi penulis yang patut dipertimbangkan.

1. Menguasai Bahasa dan Tata Bahasa

Salah satu langkah pertama menuju kesuksesan sebagai penulis adalah menguasai bahasa yang kita gunakan. Pelajari tata bahasa dengan baik dan gunakan kosakata yang tepat. 

Jangan pernah khawatir untuk memeriksa kamus dan referensi tata bahasa jika kita mengalami keraguan. Apalagi akses sumber-sumber referensu sudah bisa didapatkan secara daring. Lebih mudah tentunya.

Memiliki dasar yang kuat dalam bahasa dan tata bahasa akan membantu seorang penulis menulis dengan lebih percaya diri sehingga membuat tulisannya lebih mudah dipahami oleh pembaca.

2. Menemukan Suara Penulis

Apakah Sobat pernah membaca sebuah tulisan dan bisa menduga tulisan siapakah itu? Nah, ini terjadi apabila tulisan seseorang sudah memiliki ciri khas (suara unik). 

Setiap penulis memiliki suara unik mereka sendiri. Coba cari tahu gaya dan suara penulis yang membuat Sobat lebih nyaman. 

Apakah Sobat suka menulis dengan gaya ringan dan humoris atau lebih serius dan reflektif? 

Ketika berhasil menemukan suara penulis yang sesuai dengan kepribadian, ini akan membantu kita menulis dengan lebih alami dan autentik.

3. Meneliti Topik Secara Mendalam

Sebelum menulis, jangan pernah lewatkan tahapan melakukan penelitian yang menyeluruh tentang topik yang akan dibahas. 

Membaca buku, artikel, dan sumber daya lainnya yang relevan. akan sangat membatu kita menemukan topik dengan baik, sehingga memungkinkan kita menyajikan informasi yang akurat dan berharga kepada pembaca. 

Jangan ragu untuk menggunakan ide-ide baru dan pendekatan yang unik untuk membuat tulisan kita lebih menonjol.

4. Membangun Rangkaian Tulisan yang Teratur

Untuk menjadi seorang penulis sukses diperlukan sikap disiplin dan konsistensi dalam menulis. 

Yuk, mulai buat jadwal rutin untuk menulis dan tetap patuhi tersebut. Kita bisa mulai dengan membuat rangkaian tulisan yang teratur, seperti artikel harian atau mingguan. 

Dengan melatih diri untuk menulis secara teratur, kita akan semakin terbiasa dan dampak positifnya tulisan kita akan semakin baik dari waktu ke waktu.

5. Menerima Kritik dan Belajar dari Feedback

Ketika kita berbagi tulisan dengan orang lain, mungkin saja kita akan mendapatkan kritik dan umpan balik. 

Mari jadikan kritik sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang. Terima saran dengan rendah hati dan gunakan saran-saran tersebut untuk meningkatkan kualitas tulisan kita. 

Seorang penulis sukses tidak takut menerima kritik. Mereka melihat beragam kritik sebagai peluang untuk tidak mudah berpuas diri dan terus bertumbuh.

6. Tak Jemu Belajar Hal Baru

Belajar hal baru sangat penting untuk meningkatkan hal-hal yang mungkin belum pernah dipelajari selama ini di dunia kepenulisan. Contohnya ketika sayembara penulisan cerita anak sedang ramai di awal tahun kemarin. Selama ini saya memang sudah menulis dan mengirimkan cerita anak ke beberapa media.

Namun menulis cerita anak untuk lomba tentu lain ceritanya. Saya yakin masing-masing penulis punya formula menulis. Saya yang masih pemula bisa mencoba mengombinasikan formula mereka untuk menciptakan formula saya sendiri. Jika pun tidak menciptakan, minimal saya bisa menemukan satu formula penulis yang benar-benar bisa saya adopsi. 

7. Perbaiki Portofolio

Portofolio begitu penting peranannya. Bahkan ada seleksi penulis yang diambil dari portofolio karya. Untuk menciptakan portofolio butuh perjalanan yang tak kenal lelah. 

Jangan lupa untuk mendokumentasikan setiap perjalanan sukses kepenulisan. Saya sendiri merasa masih kurang pada tahapan ini. Beberapa karya belum terdokumentasikan dengan baik, sehingga sewaktu diperlukan saya akan kalang kabut mengumpulkan jejak perjalanan literasi.

Efeknya, setelah dikirimkan, bisa jadi ada poin-poin yang tertinggal. Sangat disayangkan memang. Oleh sebab itu perlahan saya sedang ingin memperbaiki kekurangan tersebut. 

Blog dan media sosial menjadi sarana yang tepat untuk menyimpan portofolio secara umum yang tentu bisa diakses secara umum. Namun jika ingin lebih privasi bisa dengan menyiapkan portofolio dalam google drive, canva, dan lainnya yang hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu.  

Menjadi seorang penulis sukses adalah perjalanan yang menarik. Dengan menguasai bahasa, menemukan suara penulis yang unik, melakukan penelitian mendalam, membangun rangkaian tulisan yang teratur, dan menerima kritik dengan lapang dada, kita akan semakin dekat dengan kesuksesan sebagai penulis.

O, ya, jika Sobat ingin mendapatkan tip menulis buku bisa lanjut ke artikel Menulis Buku yang Menarik, Ini Rahasianya!

Ingatlah bahwa kesuksesan tidak datang dalam semalam, tetapi melalui kerja keras dan ketekunan. Teruslah menulis dan jadilah inspirasi bagi orang lain dengan kata-kata kita. Melesatlah dengan tulisan. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url