Motor Hybrid untuk Masa Depan Lebih Hijau

Beberapa hari yang lalu di Tanjungbalai, Sumatera Utara, berdiri sebuah komunitas literasi. Pendirinya begitu gencar mempromosikan. Saya berkeinginan untuk ikutan. Sayangnya, karena keterbatasan gerak, saya urungkan niat itu. Hem, hal ini tidak akan menjadi problem jika saya bisa mengendarai sepeda motor yang bisa diajak gerak cepat. 

Semakin banyak rutinitas yang memerlukan perlunya menggunakan kendaraan, membuat inovasi semakin bertambah sebagai langkah kecintaan terhadap masa depan hijau bumi. Salah perwujudan hal itu adalah kehadiran motor hybrid.

Motor Hybrid

Hybrid adalah perpaduan atau menggabungkan. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang motor hybrid. 

Apa yang dimaksud dengan motor hybrid? Bagi sebagian orang yang belum pernah mengetahui informasi ini tentu akan penasaran. Bagaimana bisa motor yang jelas-jelas mengeluarkan polutan sebagai hasil dari bahan bakar yang digunakan bisa disebut ramah lingkungan.

Ternyata jawabannya ada di penggunaan sepeda motor hybrid.

Jenis Sepeda Motor

Secara umum terdapat dua kategori sepeda motor, yakni:

Sepeda Motor Konvensional

menggunakan BBM sebagai bahan bakar utamanya.

Sepeda Motor Listrik

mengandalkan alat seperti baterai dan dinamo sebagai media penggerak utamanya.

Lalu, bagaimana untuk jenis sepeda motor hybrid? Sesuai dengan namanya, sepeda motor hybrid merupakan jenis sepeda motor yang menggunakan perpaduan dua sumber tenaga berbeda untuk menggerakkan motor. Sepeda motor jenis ini bergerak menggunakan mesin bensin dan motor listrik. Tepat jika sepeda motor hybrid ini dikatakan sebagai sepeda motor campuran.

Cara Kerja Sepeda Motor Hybrid

Seperti penjelasan di poin sebelumnya, motor hybrid ini digerakkan menggunakan dua sumber daya, yaitu bensin dan listrik.

Sebagai gambaran kapan motor hybrid menggunakan bensin dan kapan menggunakan listrik dapat terlihat dalam kondisi macet dan jalan raya.

Pada kondisi kecepatan rendah atau dalam kondisi stop-and-go, motor hybrid akan menggunakan sumber daya listrik. Artinya motor hybrid akan bekerja tanpa emisi karena tidak menggunakan bahan bakar.

Pada kecepatan sedang atau tinggi, mesin bensin akan mengambil alih, sehingga tenaga yang dihasilkan akan lebih besar dan lebih efisien pada kecepatan tinggi.

Keunggulan Motor Hybrid 

Apa keunggulan dari motor hybrid sehingga layak dijadikan pilihan kendaraan kekinian?

Tentu saja sepeda motor hybrid memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis motor lain sehingga tidak menutup kemungkinan menjadi kendaraan primadona di masa depan.

Efisiensi Bahan Bakar

Motor hybrid memang dirancang untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Misalkan seorang pengendara di kota banyak berhenti dan melaju, motor listrik bisa bekerja sendiri tanpa membutuhkan bensin sehingga penggunaan bahan bakar bisa lebih hemat.

Emisi Lebih Rendah

Saat beroperasi dengan listrik, motor hybrid tentu tidak menghasilkan emisi. Itulah sebabnya motor hybrid ini dikenal sebagai motor sahabat bumi karena lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan motor konvensional.

Kinerja

Untuk meningkatkan performa berkendara, beberapa model motor hybrid dirancang untuk memberikan dorongan tenaga ekstra dari motor listrik

Hemat Biaya Perawatan

Jika sahabat termasuk seseorang yang ingin tetap berhemat meski sibuk berkendara ke sana ke mari, mesin listrik motor hybrid memiliki lebih sedikit komponen bergerak dibandingkan dengan mesin pembakaran internal sehingga biaya perawatan bisa lebih rendah.

Tak salah jika, motor hybrid adalah terobosan teknologi yang mewakili untuk masa depan transportasi yang lebih berkelanjutan. 

Kombinasi cerdas antara mesin pembakaran internal dan motor listrik, motor hybrid menawarkan peningkatan efisiensi bahan bakar dan pengurangan emisi tanpa mengorbankan kenyamanan pengguna dalam berkendara di era yang serba cepat ini.

Pertumbuhan teknologi terus berlanjut dan kesadaran tentang perubahan iklim semakin meningkat. Motor hybrid menjadi salah satu langkah penting dalam upaya menuju mobilitas yang lebih hijau. 

Kita yang juga ikut bergerak bersama kemajuan zaman nggak boleh ketinggalan dong untuk turut mengambil peran bagaimana cara menjaga hijaunya bumi di masa depan. Salah satunya bisa dengan bijak berkendara menggunakan motor hybrid. (*)
Next Post Previous Post
10 Comments
  • Yusriah Ismail
    Yusriah Ismail 2 Agustus 2024 pukul 06.39

    motor hybrid ini enak buat dibawa kemana-mana ya meski tempatnnya jauh, orangtua punya motor listrik namun masih khawatir dibawa jauh karena akut kehabisan tenaga ditengah jalan hehe

  • Alfida Husna
    Alfida Husna 3 Agustus 2024 pukul 07.03

    Teknologi sekarang makin berkembang aja ya. Dengan adanya sepeda listrik perawatan yang dibutuhkan juga tidak sebanyak motor biasa.

  • Ainun
    Ainun 3 Agustus 2024 pukul 11.50

    praktis juga dengan motor hybrid ini ya, bisa menyesuaikan dengan kondisi berkendara juga. Mau pake listrik bisa, terus kita ubah dengan mode pake bensin juga bisa.
    Makin canggih aja sekarang teknologi, bener-bener memudahkan kehidupan manusia

  • Kata Nieke
    Kata Nieke 3 Agustus 2024 pukul 18.57

    Wah motor yang lebih ramah lingkungan ya. Selain ramah energi juga minim polusi udara dan suara. Inovasinya keren sekali.

  • Wahyu Suwarsi
    Wahyu Suwarsi 4 Agustus 2024 pukul 13.40

    Wah baru tahu kalau ada motor hybrid, bisa pakai tenaga listrik maupun bahan bakar bensin. Jadi bisa menyesuaikan bila sewaktu-waktu dibutuhkan.



  • www.jejakbunda.com
    www.jejakbunda.com 4 Agustus 2024 pukul 18.44

    Udah beberapa bulan ini aku mulai mempertimbangkan untuk mencari alternatif berkendara dengan motor hybrid kak. Gak kalah kece dan trendy buat dipake tapi juga ramah lingkungan

  • Annafi
    Annafi 5 Agustus 2024 pukul 06.48

    Keren ya motor hybrid bisa berfungsi disesuaikan sesuai kondisi berkendaranya. Enaknya bisa pakai bensin dan listik, jadi kalau mau ke kota kecil ngga harus bingung dimana ngecas yaa

  • Maria Tanjung
    Maria Tanjung 5 Agustus 2024 pukul 09.48

    Kalau bukan kita, siapa lagi ya mbak yang peduli terhadap lingkungan. Salah satu bentuk kepedulian adalah dengan menggunakan motor hybrid untuk mengurangi emisi karbon

  • Mutia Erlisa Karamoy
    Mutia Erlisa Karamoy 5 Agustus 2024 pukul 14.57

    Iya nih aku udah mulai mikirin pingin punya motor hybrid, selain ramah lingkungan suaranya juga ngak berisik jadi minim polusi suara. Tapi kadang masih takut kalau kehabisan baterai gimana, semoga ada inovasi baru untuk mengatasi masalah ini.

  • Sulis Nashwa
    Sulis Nashwa 5 Agustus 2024 pukul 17.06

    Tertarik sekali saya dengan motor hybrid ini. Soalnya bisa menghemat pengeluaran selain itu juga ramah lingkungan. Bener banget mbak dengan segala keunggulannya, sepertinya motor ini memang akan menjadi primadona dimasa depan

Add Comment
comment url