Cara Merawat Buku yang Wajib Penulis Tahu!

Di era digital dimana informasi dapat diperoleh dengan mudah seperti saat ini, buku mungkin menjadi hal yang dinilai ketinggalan zaman. Namun bagi para pecinta buku, hal tersebut seolah tak berlaku mengingat membaca buku mampu memberikan sensasi tersendiri yang tak tergantikan.

Bahkan dapat dikatakan bahwa buku menjadi sumber ilmu pengetahuan yang tak lekang oleh waktu.

Hanya saja, merawat buku yang baik dan benar agar awet menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi sobat yang suka mengoleksi banyak buku bacaan. Lebih parahnya, tak perawatan yang tepat, buku akan mudah kotor, kusam, berjamur, hingga robek sana-sini.

Tips Merawat Buku yang Benar

Tips Merawat Buku


Untuk itulah, sobat tentu harus mengetahui bagaimana cara merawat buku yang benar agar tetap awet dan terjaga. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan berikut!

1. Simpan Buku di Tempat yang Tepat

Hal paling mudah dilakukan untuk menjaga buku agar tetap awet adalah memilih tempat penyimpanan yang tepat.

Setidaknya selama menyimpan buku, sobat harus menghindari tempat-tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu, pastikan tempat penyimpanan buku tidak lembab demi meminimalisir tumbuhnya jamur dan kerusakan lainnya.

2. Hindari Kebiasan Mencoret Buku, Gunakan Penanda

Ketika sobat membaca buku, mungkin secara tidak sadar mencoret buku dengan pena demi meninggalkan catatan atau sebagai penanda. Padahal kebiasaan mencoret buku jadi salah satu penyebab kertas buku menguning dan akhirnya rusak.

Untuk itu, sebaiknya sobat menggunakan penanda buku yang terbuat dari kertas untuk menjaga kebersihan buku.

3. Jangan Menekuk Halaman

Masih berkaitan dengan penanda buku, menekuk halaman kertas pada buku juga jadi kebiasaan yang harus sobat hindari. Hal ini karena menekuk kertas buku lambat laun akan merusak bagian buku secara permanen.

Selain itu, buku sobat jadi terlihat tidak rapi, kan? Jadi sebaiknya gunakan penanda buku, ya!

4. Perhatikan Cara Membuka Buku

cara membuka buku

Salah satu langkah bagaimana cara merawat buku yang benar adalah dengan memperhatikan bagaimana sobat membuka buku. Ini adalah kebiasaan sepele namun berisiko merusak buku.

Setidaknya, saat membuka buku, jangan menekuk bagian punggung buku maupun membuka buku secara lebar-lebar. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada ikatan buku sehingga halaman buku dapat terlepas.

5. Jangan Makan atau Minum Ketika Membaca

Membaca buku sambil makan atau minum memang sangat menyenangkan. Bahkan tak terasa berhalaman-halaman buku dapat terbaca saat bersantai.

Namun sobat harus paham bahwa makan dan minum saat membaca buku beresiko merusak buku. Terlebih apabila noda minuman dan makanan menempel pada kertas buku yang dapat memicu resiko kertas menguning hingga jamur.

Jadi sebaiknya hindari kebiasaan membaca buku sambil makan atau minum, ya!

6. Gunakan Dust Jacket atau Sampul

Adapun bagaimana cara merawat buku yang benar yang terakhir adalah dengan menggunakan sampul maupun dust jacket pada buku. Selain buku jadi awet, penggunaan cover juga dapat mempercantik tampilan buku.

Nah, itulah bagaimana cara merawat buku yang benar agar awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat!

Tips Menyimpan Buku Agar Rapi Selalu

Tips Menyimpan Buku


Bagi sobat yang memiliki banyak koleksi buku, mengetahui bagaimana cara menjaga kerapian buku menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya tak sedikit dari kita yang cenderung sembarang meletakkan buku, baik di rak maupun ruangan lain di rumah.

Padahal ketika sobat benar-benar dapat merawat dan menjaga buku yang sobat miliki, maka buku tersebut pasti akan awet hingga generasi berikutnya. Selain itu, buku yang dirawat dan ditata rapi akan memberikan kesan estetik nan indah pada ruangan.

Untuk itu, berikut kami sajikan informasi bagaimana cara menjaga kerapian buku yang dapat sobat lakukan.

1. Pilih Rak Buku yang Sesuai

Hal pertama yang dapat sobat lakukan adalah dengan memilih rak buku sesuai dengan kebutuhan koleksi buku yang sobat miliki. Semakin banyak koleksi buku, maka semakin besar pula rak yang dibutuhkan.

Selain itu, coba hindari penggunaan rak buku yang terbuat dari material yang mudah lembab. Pastikan rak memiliki sekat atau penyangga untuk menjaga buku tetap tegak dan tidak mudah miring agar buku lebih mudah ditata rapi.

2. Organisir Buku dalam Rak

Hal terpenting untuk menjaga buku tetap rapi saat disimpan adalah melakukan organisir buku-buku yang sobat simpan pada rak.

Dalam hal ini, sobat dapat melakukan kategorisasi buku dengan memisahkan buku berdasarkan genre, penulis, atau topik. Ini akan memudahkan sobat untuk mencari yang ingin dibaca.

Selain itu, sobat juga dapat menggunakan label untuk menandai setiap bagian rak buku. Contohnya buku fiksi, non-fiksi, biografi, dan sebagainya.

3. Jangan Menumpuk Buku

Salah satu tips bagaimana cara menjaga kerapian buku adalah dengan menghindari menumpuk buku terlalu tinggi.

Setidaknya sobat dapat memberikan jarak antar buku untuk memudahkan pengambilan dan sirkulasi udara. Hindari kebiasaan menumpuk buku terlalu rapat, apalagi sampai melengkung.

Selain itu, biasakan menyimpan buku dengan posisi berdiri tegak. Hindari kebiasaan menyimpan buku dalam posisi tidur, apalagi ditumpuk dengan benda berat. Hal ini dapat merusak bentuk buku dan membuat halamannya lengket.

4. Lakukan Kebiasaan Baik Mengembalikan Buku ke Tempat Semua

Adapun cara selanjutnya untuk menjaga kerapian buku adalah biasakan diri mengembalikan buku ke tempat semula setelah dibaca. Meskipun terdengar sepele, namun banyak orang yang sulit untuk melakukan kebiasaan ini.

Itulah beberapa tips bagaimana cara menjaga kerapian buku yang dapat sobat lakukan di rumah. Dengan mengikuti cara di atas, maka koleksi buku sobat tidak hanya rapi namun juga awet dan terjaga. Jangan lupa untuk mengikuti artikel lainnya di Menulis Cerita dari Sosok Inspiratif, ya!

Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url