Menulis Cerita dari Sosok Inspiratif

Banyak berjalan tentu banyak pula rupa-rupa tempat yang akhirnya bisa dijelajahi. Tentu saja itu mengakibatkan secara tidak langsung banyak pula pengalaman belajar dari orang-orang. Misalnya ketika sedang berbelanja ke pasar kita menemukan ada penjual yang bisa dengan mudahnya berjualan seolah tak memikirkan untung rugi.
"Rezeki itu kan sudah diatur Allah swt. Yang penting kita mau berusaha," ujar wanita separuh baya tersebut saat itu sedang menjajakan rempah. Saya cukup tertarik membeli jahe yang dia jual karena akan saya gunakan sebagai bahan membuat minuman jahe hangat. 

Saya diberikan biaya cukup miring untuk ukuran jahe sebanyak itu. Belum lagi kualitas jahe yang memang oke punya. Setelah menimbang dan saya lihat jarumnya tepat menyentuh bilangan, eh masih ditambah beberapa potong jahe kecil lagi.

Lantas apakah kita merasa cukup dengan melihat situasi ini? Duh, sayang sekali bukan jika itu hanyalah berupa konsumsi pribadi semata. Lebih baik kita tuliskan lalu sebarkan sehingga banyak orang yang memperoleh manfaat.

Ide Menulis Cerita dari Sosok Inspiratif


Ide Menulis Cerita dari Sosok Inspiratif

1. Jangan Abai Sosoknya

Bisa jadi suatu ketika kita memberikan lebih banyak fokus pada orang-orang kategori 'hebat' Padahal masih banyak orang dengan kategori 'sederhana' malah bisa menjadikan kita tergugah, tertohok, bahkan tertampar karena budi baiknya. Misalnya, seperti sosok wanita penjual jahe yang saya ceritakan di atas.

2. Ambil Sepotong Kisah

Kendati demikian hendaknya kita tidak memaksa diri untuk mengambil seluruh kisah yang beliau tuturkan. Cukup sepotong kisah lalu ubah cara penceritaan sehingga seolah tulisan itu berbicara dan mampu mengaduk emosi pembaca. 

Setelah memahami sepotong kisah yang ia tuturkan, selanjutnya tentukan tema besar yang ingin sobat sampaikan melalui cerita ini. Apakah ini tentang ketekunan, keberanian, kebaikan hati, atau kesederhanaan? 

Apapun itu yang menjadi manfaat bagi pembaca lain, coba tuliskan. Lebih-lebih kalau kita bisa mengangkat cerita dari sudut pandang yang berbeda dari orang kabanyakan. 

3. Tangkap Momen


tangkap momen cerita


Bisa jadi lo sosok yang ingin kamu angkat kisahnya berhubungan dengan momen tertentu. Misalnya, saat kampung kita terpilih sebagai kamping Pancasila. Tentu sosok yang berperan penting dalam pencapaian ini tidak bisa diabaikan kehadirannya. Tonjolkan apa yang menjadi kelebihannya sehingga sukses dalam usaha, tentu tak lupa menyeimbangkan apa yang menjadi kekurangannya sebagai sifat manusia.

4. Berjasa Bagi Negara

Dari beragam sosok yang ada, apabila sobat memiliki rekomendasi sosok inspiratif tentu ini sangat patut disebarluaskan. Jangan sampai anak didik kita tidak mengenal para pendiri bangsa di masa silam. 

5. Latar Belakang Pencapaian

Setiap orang tentu punya pencapaian masing-masing. Hal ini sangat menarik untuk diangkat sebagai kisah inspiratif, lo. Setiap perjuangan punya cerita yang bisa menarik minat orang lain pula yang siapa tahu memiliki pengalaman yang sama. Bisa juga menjadi inspirasi bagi mereka yang berada di jalan menuju pencapaian.

Bayangkan jika tulisan kita menjadi jalan berkah bagi orang lain dalam usaha pencapaian cita-citanya. Bukankah itu merupakan keuntungan yang berlipat bagi kita? Tak hanya bernilai kebaikan dunia, tetapi juga Insyaallah akhirat pula.

6. Buat Struktur Cerita yang Jelas

Jangan lupa untuk merencanakan struktur cerita sobat dengan baik. Ini bisa mencakup bagian pengenalan tentang siapa sosok inspiratif ini, puncak konflik atau tantangan yang dihadapi. 

Tak lupa tentu saja tentang cerita bagaimana mereka mengatasi atau memenangkan perjuangan pencapaian tersebut. Ini bisa menjadi pilihan tetapi bukan satu keharusan, yakni akhir cerita sebaiknya memberikan pembaca pesan atau pelajaran yang dapat mereka ambil.

7. Gunakan Detail untuk Menyampaikan Emosi

Detail deskripsi yang kaya akan membawa pembaca ke dalam pengalaman emosional sosok inspiratif. Coba ceritakan momen-momen penting yang dialami tokoh inspiratif yang diangkat untuk meningkatkan dampak cerita.

Bisa jadi saat tokoh inspiratif diwawancarai ia akan mengungkapkan emosinya secara langsung atau tidak langsung. Kita bisa jeli menangkap momen ini untuk memberikan "ruh cerita" bagi tulisan yang kita angkat. 

8. Fokus pada Pengembangan Karakter

Jangan abai untuk menjelaskan perubahan atau perkembangan karakter sosok inspiratif dari awal hingga akhir cerita. Bagaimana pengalaman hidup mereka membentuk siapa mereka hari ini. Jelaskan ini seperlunya. Jangan sampai karena ingin terlalu detail kita malah lupa pada akar cerita ini sebenarnya.

Saya lebih menyarankan untuk menggunakan outline meskipun beberapa penulis merasa cukup nyaman untuk menuangkan cerita tersebut secara langsung. 

9. Sampaikan Pesan yang Inspiratif

sampaikan pesan inspiratif


Pada akhir cerita kita sebaiknya memberikan kesimpulan yang memotivasi dan menginspirasi pembaca. Jangan pernah takut untuk mengajukan pertanyaan yang mendalam atau menantang pembaca untuk mengambil tindakan.

Diskusi kan hal-hal yang menurut kita layak untuk mendapatkan tanggapan lebih banyak dari para pembaca tulisan. Bisa jadi kan diskusi kecil seperti ini mendatangkan ide tulisan selanjutnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kita bisa menciptakan cerita yang kuat dan menginspirasi tentang sosok yang memiliki pengaruh positif dalam kehidupan orang lain.

Bila masih dirasa sulit, lakukan perlahan karena perjalanan menulis sosok inspiratif termasuk perjalanan yang cukup panjang karena setiap orang tentu punya hal unik yang bisa menginspirasi orang lain. Sobat bisa menemukan salah seorang sosok inspiratif dalam blogging seperti kisahnya Uni Novarty Tip Nulis Artikel dan Menang Lomba Blog Ala Novarty. (*)

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url