Platform Online Cerita Anak yang Bisa Membantu Penulis Menemukan Ide

Hai, sahabat pencinta bacaan anak. Apakah sobat sering kali merasa mengapa susah sekali menemukan ide menulis cerita anak, ya? Eits, padahal sebenarnya ide itu bisa kita dapatkan dengan search di halaman mesin pencari. Sekarang, banyak website yang bermunculan. Ya, tampaknya zaman digitalisasi telah membuat banyak pasang mata tertuju padanya.

Platform online ini tersebar di ujung jari kita. Tinggal search, klik, baca dan temukan ide baru yang sangat bermanfaat dalam karier kepenulisan kita, khususnya terkait bacaan anak.

Temukan Ide


Yuk, ikuti ulasan selengkapnya hingga di akhir artikel nanti sobat sudah bisa mengetahui langkah seperti apa yang harus dilakukan untuk menemukan ide, mengolahnya, hingga menghadirkan cerita baru bagi para pembaca.

Website Balai Bahasa


Nah, mengingat pada postingan sebelumnya yang bercerita tentang Manfaat Menulis Cerita Anak Dwi Bahasa yang Harus Penulis Ketahui sepertinya ini menjadi angin segar bagi sobat yang mahir berbahasa daerah dalam bentuk lisan dan tulisan.

Btw, soal lomba semacam ini alhamdulillah beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan menjadi satu dari 85 penulis terpilih oleh balai bahasa sumatera utara. Saya sangat beruntung karena ini adalah kali ketiga saya mengirimkan karya pada event serupa yang kemarin dulu belum menghasilkan apa-apa. Insyaallah pada kesempatan nanti kita bisa bicara tentang ini lebih jauh lagi.

Website balai bahasa menyediakan produk terjemahan hasil sayembara yang merek adakan kemarin. Sobat bisa menemukan limpahan ide menulis cerita anak dari postingan tersebut.

Ohya, saya sendiri bisa terpilih sebagai penulis bacaan anak di provinsi tentang saya bermukim tak lain tak bukan yang menjadi sebabnya setelah saya membaca buku salah seorang pemenang tahun sebelumnya yang dipajang di website balai bahasa.

Sobat bisa mengadopsi cara ini, ya.

Budi Kemdikbud


Ada lagi buku yang dijadikan rujukan karena proses pengerjaan buku ini sudah melibatkan pakar-pakar pendidikan. Buku yang ada di sini tak hanya buku cerita, bahkan ada buku kurikulum dan lainnya.

Sobat bisa menjadikan website ini salah satu rujukan saat ingin mengikuti lomba karena akan diperbaharui terus sesuai kebutuhan

iPusnas


Platform ini menjadi banyak tujuan sobat pembaca blog saya. Pasalnya mereka belum mengetahui bahwa iPusnas bisa diunduh di laptop juga sehingga sangat memudahkan penggunaan

Buku-buku juga sering di-update untuk memenuhi pelanggan. Jangan khawatir jika dapat antrian ya karena begitu buku tersebut ready, kita akan mendapatkan notif bahwa buku telah tersedia kembali.

Gramedia Digital


Ini sih media yang tak bisa dipandang sebelah mata. Meski di berapa fitur nggak bisa diunduh gratis karena berbayar, namun untuk buku-buku lainnya, termasuk buku anak sangat mudah ditemukan.

Saya sudah memakai gramedia digital beberapa minggu yang lalu tetapi saya ingin menambah bacaan lagi. Jangan khawatir karena pihak kami akan memberikan buku-buku terbaik yang dibutuhkan tanpa harus mengundang.

Baca Pibo


Di sini sobat bisa bertugas memba seperti biasany,meski terbatas, buku-buku yang disajikan dalam platform ini cukup lengkah juga.

Apabila ingin baca versi langkanya teman-teman bisa segara nengungn

Mencari Ide adalah Tantangan

tantangan menulis cerita anak


Ide adalah sebuah tantangan yang harus ditaklukkan. Tugas kita adalah menjadi sang penakluk ide dengan menggunakan langkah-langkah strategis, seperti:

Baca Sumber Apa Saja


Bacalah buku, artikel, dan berita dari berbagai sumber. Ini dapat membuka pikiran kita untuk mendapatkan berbagai topik dan sudut pandang yang mungkin menarik untuk ditulis.

Buka Kembali Pengalaman Pribadi


Yuk, ceritakan pengalaman pribadi kita, baik itu cerita hidup, perjalanan, atau pengalaman profesional. Sering kali cerita dari kehidupan nyata dapat menjadi sumber inspirasi tak terbatas, lo.

Buat Catatan Ide

buka catatan ide


Selalu simpan catatan kecil di mana kita dapat mencatat ide-ide baru saat muncul. Bisa saja kan ketika kita sedang berjalan-jalan, sedang menonton film, atau bahkan baru terbangun dari alam mimpi. Menuliskannya secara langsung dapat membantu kita agar tidak kehilangan ide-ide berharga.

Komunikasi dengan Orang Lain


Jangan ragu untuk mendiskusikan ide-ide dengan teman, keluarga, atau rekan sesama penulis. Ketika saling mendengar sudut pandang mereka atau mendapatkan umpan balik sesungguhnya kita sedang memperkaya ide.

Cari Inspirasi dari Karya Lain


Membaca karya-karya penulis lain atau mendengarkan musik dapat memunculkan inspirasi yang seringkali datang dari tempat yang tidak terduga.

Konsistensi dan Disiplin


Dua kata ini baru saja saya dengar dalam minggu ini, tepatnya saat kami pelatihan di RS tempat saya bekerja.

Menulislah secara teratur, bahkan mungkin saat kita merasa sulit menemukan ide. Disiplin adalah kunci untuk melatih otak kita untuk tetap kreatif.

Berkeliling Dunia Online

tantangan menulis cerita anak


Saya juga baru-baru ini menggunakan hastag untuk mencari ide di laman media sosial. Ternyata cara ini cukup ampuh.

Menjelajahi situs web dan media sosial yang fokus pada topik yang sedang kita minati. Dari sana, kita bisa mendapatkan tren terbaru, topik hangat, atau bahkan inspirasi.


Platform online cerita anak yang bisa membantu penulis menemukan ide mungkin banyak. Namun perlu diingat bahwa konsistensi adalah kunci. Tetaplah berlatih dan terus mencari inspirasi. Seiring waktu, kita akan menemukan ide untuk menulis sehingga proses menulis akan terasa lebih mudah. Yuk, temukan Manisnya Peluang Cuan dari Menulis Cerita Anak. Nggak susah lagi cari ide buat ikutan, kan? (*)
Next Post Previous Post
12 Comments
  • Maria Etha
    Maria Etha 21 Mei 2024 pukul 20.03

    Keren.... Aku biasanya suka bacain-nya Kak. Habis bacain, terus diobrolin. Anak anak suka kegiatan dibacakan ini. Pengen nulis tapi masih stuck. Kebayang seru kayaknya.

  • Tati Suherman
    Tati Suherman 22 Mei 2024 pukul 05.52

    Banyak baca jadi nambah inspirasi sih kalau kehabisan ide atau buntu jaman sekarang tinggal klik platfrom yang ada

  • Bayu Haryanto
    Bayu Haryanto 22 Mei 2024 pukul 09.47

    Zaman serba canggih dan cepat sekarang ini banyak memberikan kemudahan untuk mencari informasi dan belajr secara digital. Atau pun mencari media pembelajaran untuk anak yang sekarang sudah mulai banyak tersedia secara digital

  • Endah Kurnia Wirawati
    Endah Kurnia Wirawati 23 Mei 2024 pukul 00.43

    Sekarang banyak banget ya platform online yang bisa menjadi rujukan dan tempat mencari ide cerita. Apalagi cerita untuk anak.

    Biasanya saya paling sering buka Gramedia Digital dan Ipusnas. Nanti kucoba-coba buka rekomendasi platform online lainnya yang ada di sini.

  • khairiah
    khairiah 23 Mei 2024 pukul 10.13

    Keren mbak nia banyak karyanya, moga aku juga bisa menghasilkan banyak karya seperti mbak

  • Helenamantra
    Helenamantra 27 Mei 2024 pukul 06.01

    Penasaran dengan Baca Pibo karena ini yang belum pernah ku akses. Sepertinya di artikel terpotong deh mbak. Kalau mau akses bisa ke web atau apps tertentu? perlu daftar dulu?

    selain yang disebut di atas, aku suka baca Let's Read Asia untuk buku cerita anak.

  • Raja Lubis
    Raja Lubis 27 Mei 2024 pukul 18.48

    Pertama, saya ucapkan selamat ya sudah terpilih menjadi salah satu penulis dari 85 oleh Balai Bahasa Sumatera Utara.

    Soal platform, saya paling familiar dengan Ipunas. Pernah akses ke sana untuk baca beberapa buku.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 27 Mei 2024 pukul 20.02

    Banyak inspirasi yang bisa didapatkan biar penulis gak mentok ide di sini. Apalagi yang diangkat soal cerita anak, di mana kreativitas perlu sebagai warna

  • Sam Leinad
    Sam Leinad 27 Mei 2024 pukul 20.35

    Banyak paltform online cerita anak ya. Tentu sangat membantu para orangtua utk menemukan cerita yg sesuai dg umur anak-anaknya. Trimakasih untuk informasinya

  • Priyani Kurniasari
    Priyani Kurniasari 28 Mei 2024 pukul 16.31

    Wah mantap nih mba, makasih informasinya. saya selama ini mencari bacaan anak sebatas di ipusnas dan let's read. Di Pibo dan gramedia digital belum pernah saya coba.

  • Mommy Ossas
    Mommy Ossas 28 Mei 2024 pukul 16.32

    Waahh...terima kasih banyak. Ini bermanfaat banget buatku sebagai emak newbie. So far aku masih mengandalkan buku fisik untuk anak kembarku, tapi nanti kalau mereka udah gedean sepertinya perlu alternatif yang lain.

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 28 Mei 2024 pukul 20.17

    Mengapa ide ini mahal?
    Karena effortnya sebesar ini yaa.. Untuk mendapatkan ide, dibutuhkan banyak perjuangan dan langkah menjemput sang ide. Dan semoga dengan banyaknya penulis crita anak masa kini, semakin banyak pula generasi anak sekarang yang memiliki role model terbaik versi buku.

Add Comment
comment url